Willard Carroll Smith, Jr., lebih dikenal sebagai Will Smith, aktor, artis rap dan rekaman, lahir di Wynnefield, Pennsylvania pada tanggal 25 September 1968. Ayahnya, Willard Carroll Smith, adalah seorang veteran Angkatan Udara A.S. insinyur, dan ibunya, Caroline Bright Smith, adalah seorang administrator sekolah umum.

Orang tuanya berpisah pada tahun 1988 dan secara resmi bercerai pada tahun 2000. Smith bersekolah di Our Lady of Lourdes, sekolah dasar Katolik swasta, dan Sekolah Menengah Atas Overbrook di mana dia mendapat daftar sbobet julukan, “Pangeran”. Sebagai senior dengan nilai SAT yang tinggi, Smith mendapat tawaran untuk menghadiri Massachusetts Institute of Technology (MIT) setelah sekolah menengah, tetapi dia memilih keluar dari perguruan tinggi untuk mengejar apa yang telah menjadi karir yang sukses di bidang hiburan.

Masuknya Smith ke bisnis pertunjukan terjadi pada usia 16 tahun dengan perilisan singelnya pada 1986 “Girls Ain’t Nothing But Trouble”, dari album Rock the House, yang dia rekam dengan seorang teman remajanya, Jeffrey Townes, dengan nama duo “Jazzy Jeff and Pangeran Baru.” Single tersebut mencapai tangga lagu pada tahun 1987 naik ke # 21 setelah delapan minggu. Pada tahun 1990, album tersebut mencapai Billboard Top 200.

Pada tahun yang sama, NBC mengontrak Smith untuk memainkan peran utama dalam sitkom televisinya sendiri, The Fresh Prince of Bel-Air. Dengan kesuksesan pertunjukan itu, yang berlangsung selama enam musim, Smith menjadi seorang jutawan pada usia 18 tahun.

Pada tahun 1992, Smith mulai berakting di film sambil tetap tampil di sitkomnya. Dia memainkan peran kecil di Where The Day Membawa Anda, Made in America, dan Six Degrees of Separation. Pada 1999, kredit filmnya termasuk Bad Boys (1996), Independence Day (1996), Men in Black (1997), dan Enemy of the State (1998). Film ini memberinya nominasi Penghargaan Gambar NAACP untuk Aktor Luar Biasa dalam Gambar Bergerak pada tahun 1999.

Penampilannya yang luar biasa sebagai “Ali” dalam film Ali memberinya nominasi Oscar untuk Aktor Terbaik pada tahun 2001. Kesuksesannya di industri film berlanjut dengan peran utama peran dalam komedi romantis Halangan (2005) dan Pengejaran Kebahagiaan (2006) yang juga menampilkan putra Smith di kehidupan nyata, Jaden. Film tersebut membuat Smith mendapatkan nominasi Academy Award kedua untuk Aktor Terbaik pada tahun 2006.

Pada tahun 2008, Smith mengembangkan bakatnya untuk memasukkan produksi. Produksinya termasuk Hancock (2008), Seven Pounds (2008) di mana ia memenangkan Penghargaan Gambar NAACP untuk Aktor Luar Biasa dalam Gambar Bergerak (2009).

Setelah mengulangi perannya dalam Men in Black II (2002) ia kembali berperan Judi Sbobet sebagai Agen J dalam Men in Black 3 pada tahun 2012. Pada tahun 2009, Smith menjadi salah satu produser musikal Broadway, Fela.

Smith menikah dengan aktris Jada Pinkett-Smith, dengan siapa dia memiliki dua anak, Jaden dan Willow. Dia juga memiliki seorang putra, Willard Smith, III, dari pernikahan sebelumnya. Dia tinggal di Florida, Swedia, dan Philadelphia.

Pada Academy Awards ke-94 pada 27 Maret 2022, nominasi Aktor Terbaik Will Smith, berjalan di atas panggung dan menampar wajah pembawa acara Chris Rock. Smith kemudian mulai meneriakkan kata-kata kasar pada komedian itu karena membuat lelucon tentang kepala istrinya yang dicukur Jada Pinkett-Smith.

Setelah menolak untuk meninggalkan upacara Oscar, Will Smith akan menerima penghargaan Oscar untuk Aktor Terbaik untuk perannya di Raja Richard (2021). Pada 1 April 2022, Will Smith mengajukan pengunduran dirinya ke Akademi, dengan alasan insiden tersebut. Pada 8 April 2022, Smith secara resmi dilarang oleh Akademi dan dari semua acara terkait selama 10 tahun.